Sejarah
Hacker
Hacker muncul pada awal
tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad
Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology
(MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan
teknologi komputer dan mereka beroperasi dengan sejumlah komputer mainframe. Kata
hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota
yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer
yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama. Kemudian pada tahun 1983, analogi
hacker semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk
memahami dan menguasai sistem komputer.
Pengertian
Hacker
Hacker adalah sebutan
untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan
komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di
Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang
mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini
menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di
dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah
menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun
bukan sebagai perusak.
Kode
Etik Hacker
1. Mampu mengakses komputer tak terbatas dan
totalitas.
2. Semua informasi haruslah FREE.
3. Tidak percaya pada otoritas, artinya
memperluas desentralisasi.
4. Tidak memakai identitas palsu, seperti nama
samaran yang konyol, umur, posisi, dll.
5. Mampu membuat seni keindahan dalam komputer.
6. Komputer dapat mengubah hidup menjadi lebih
baik.
7. Pekerjaan yang di lakukan semata-mata demi
kebenaran informasi yang harus disebar luaskan.
8. Memegang teguh komitmen tidak membela
dominasi ekonomi industri software tertentu.
9. Hacking adalah senjata mayoritas dalam
perang melawan pelanggaran batas teknologi komputer.
10. Baik Hacking maupun Creaking adalah
satu-satunya jalan lain untuk menyebarkan informasi pada massa agar tak gagap
dalam komputer.
Aturan
Main Hacker
1.
Di atas segalanya, hormati pengetahuan
& kebebasan informasi.
2.
Memberitahukan sistem administrator akan
adanya pelanggaran keamanan / lubang di keamanan yang anda lihat.
3.
Jangan mengambil keuntungan yang tidak
fair dari hack.
4.
Tidak mendistribusikan &
mengumpulkan software bajakan.
5.
Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh
– selalu mengetahui kemampuan sendiri.
6. Selalu bersedia untuk secara terbuka /
bebas / gratis memberitahukan & mengajarkan berbagai informasi & metoda
yangdiperoleh.
7.
Tidak pernah meng-hack sebuah sistem
untuk mencuri uang.
8.
Tidak pernah memberikan akses ke
seseorang yang akan membuat kerusakan.
9.
Tidak pernah secara sengaja menghapus
& merusak file di komputer yang dihack.
10.
Hormati mesin yang di hack, dan
memperlakukan dia seperti mesin sendiri.
Akibat
Hacker
Hacker membuat
teknologi internet semakin maju karena hacker menggunakan keahliannya dalam hal
komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan
dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software, membuat gairah
bekerja seorang administrator kembali hidup karena hacker membantu
administrator untuk memperkuat jaringan mereka.
Sumber :
Buku “Hacker” Penerbit Informatika-Bandung
Buku “Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi” pengarang : Dra. Devi Puspitasari, M. Pd dan Agus Sugiantoro, MM.
Buku “Hacker” Penerbit Informatika-Bandung
Buku “Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi” pengarang : Dra. Devi Puspitasari, M. Pd dan Agus Sugiantoro, MM.
1 komentar:
orang dulu lu man !
Posting Komentar